Arah yang Dilewati Iblis/Syetan untuk Masuk ke Manusia

IBLIS mengajukan tantangan. Allah menjawab tantangan iblis dengan sangat tepat. Pada mulanya iblis bersumpah akan menyesatkan manusia. Setiap saat. Sampai manusia itu berpisah ruh dengan jasadnya. Begitulah dendam iblis kepada Adam dan anak cucunya sehingga dengan segala upaya ia akan menyesatkan manusia detik ke detik menit ke menit hingga manusia mengikuti jalannya. Semakin banyak yang tersesat semakin gembiralah dia.

Manusia seharusnya tahu itu. Sebab, iblis adalah musuh yang paling nyata, meskipun secara jasad tak kelihatan. Setiap kali akan bebuat sesuatu, manusia senantiasa diombang-ambingkan oleh dua perasaan. Ketika ia akan melakukan perbuatan baik, niat sudah lurus, tiba-tiba muncul suatu pikiran untuk membatalkannya. Itulah was-was setan. Pada saat manusia akan melakukan perbuatan buruk, hati nuranina mengatakan tidak. Namun setan selalu mengembus-embuskan manfaat yang didapat dari perbuatan dosa tersebut dan menafikan hati nuraninya.

Seseorang yang ingin menunaikan ibadah shalat malam berat sekali melakukannya karena setan mencoba menggodanya degan kenikmatan tidur malam atau asiknya nontonan sepak bola. Namun niatnya cukup kuat untuk shalat malam. Saat setan gagal membuat dia tidur dengan penuh semangat ia berwudhu. Ketika merasakan dinginnya air, setan mencoba mankut-nakutinya kalau-kalau nanti sakit terkena air dingin.

Jikalau berhasil, orang tersebut balik lagi ke tempat tidur. Tapi orang ini sungguh kuat niat ibadahnya. Meskipun air dingin ia tetap berwudhu kemudian menunaikan shalat. Sampai orang tersebut menunaikan shalat pun setan tak mau menyerah. Ia masih mewas-wasi orang tersebut dengan perbuatan sombong yang membuat ibadahnya tidak ikhlas. Akhirnya orang tersebut dalam hati terucap, “Wah, hebat juga aku ini. Di saat oang lain tertidur nyenyak, aku sendiri shalat tahajud.” Tidak bergunalah semua usahanya dai awal karena tidak ikhlas bahkan takabur.

Justru di situ lah hebatnya perjuangan setan dalam menyesatkan manusia. Meskipun hampir kalah, karena sejak awal ia menggoda orang tersebut tidak berhasil, ia tetap berusaha menyesatkan sampai berhasil. Itulah bukti sumpah iblis sejak awal kepada Allah untuk menyesatkan manusia.

Namun demikian Allah menjawab sumpah iblis tadi dengan sebuah harapan bagi manusia. Meskipun iblis menyesatkan manusia, Allah masih memberi peluang untuk kembali ke jalan yang benar, kalau iblis berjani akan menjebol tembik, Allah telah menyediakan tambalan bagi manusia untuk menambal tembok yang jebol itu. Kalau iblis berusaha untuk menabrakkanmobil milik kita, Allah telah menyediakan reparasi agar mobil kembali seperti sedia kala. Allah memberikan pelindungan dan tempat kembali sama bahkan melebihi dai kerusakan dan kesesatan yang ditimbulkan iblis. Itulah pintu tobat. Manusia akan diberikan kesempatan bertobat hingga nyawa berada di kerongkongannya.

Syetan merupakan satu-satunya makhluk yang paling berbahaya bagi manusia. Ia musuh yang paling nyata. Kebenciannya terhadap manusia membuat ia rela melakukan segala cara untuk masuk ke dalam diri manusia. Hal ini semata-mata ia lakukan untuk membuat manusia berpaling dari Tuhannya, sehingga ia mempunyai teman yang banyak di dalam api neraka.

Setan masuk ke dalam diri manusia dengan berbagai cara dan datang dari semua arah. Hal ini pernah dijelaskan oleh setan sendiri, yaitu setan yang bernama Iblis.

Sebagaimana dikisahkan dalam Al-Quran, “Iblis menjawab, ‘Karena Engkau telah menyesatkanku, pasti aku akan selalu menghalangi manusia dari jalanMu yang lurus. Aku pun pasti akan mendatangi mereka dari depan, belakang, kanan dan kiri mereka. Sehingga Engkau tidak akan mendapati kebanyakan manusia bersyukur,” (QS. Al-A’raf: 16-17).

Menurut Al Hakam bin Utaibah bahwa yang dimaksud dengan dari muka adalah dunia, dari belakang adalah akhirat, dari kanan adalah kebaikan dan dari kiri adalah keburukan. Kendati Al Hakam telah memberi tafsiran untuk empat kata tersebut, tafsirannya masih memerlukan penjelasan, karena ayat tersebut mengandung makna yang jauh lebih luas. Maka yang dimaksud dengan:

1. Mendatangi mereka dari muka adalah setan senantiasa menggunakan kehidupan manusia dalam urusan dunia yang terlihat jelas untuk melupakan mereka terhadap urusan yang masih ghaib, yaitu akhirat dan kehidupan dunia dipandang tidak berhubungan dengan akhirat.

2. Mendatangi mereka dari belakang, yaitu menggunakan amal ukH.R.owi untuk kepentingan dunia. Al-Quran adalah pembimbing yang mengarahkan semua kehidupan manusia agar menjadi amal ibadah demi kepentingan akhirat. Namun, dengan belajar dari pengalaman yang sudah ribuan tahun, maka iblis terus menerus berbisik dan mengarahkan manusia agar menggunakan Al-Quran untuk kepentingan dunia.

Setan juga mengarahkan orang yang suka beribadah agar menjadikan ibadahnya untuk kepentingan dunia pula. Bahkan, dia juga menanamkan ke dalam hati manusia keangkuhan tersembunyi, yaitu meyakini bahwa keajaiban-keajaiban yang dialaminya adalah bukti ketakwaan dirinya kepada Allah. Jika sudah muncul keangkuhan, maka desakan menuju kemusyrikan semakin kuat dan jalan kesesatan di hadapannya semakin terbuka lebar.

3. Dengan kebaikan. Amal kebaikan yang dikerjakan seorang hamba pun tidak lepas dari incaran setan. Setan berupaya menggunakan amal kebaikan seorang hamba sebagai jalan menuju keangkuhan. Dia berbisik kepada orang yang beramal kebaikan agar memandang dirinya sebagai orang yang lebih utama dan mulia, bahkan lebih dari itu merasa diri sebagai orang suci dari dosa.

4. Dengan keburukan. Ketika seorang hamba mendapat satu musibah atau menghadapi kesulitan, maka setan akan terus berusaha untuk menanamkan keresahan, kegelisahan, hingga kehilangan kontrol dalam sikap dan ucapan yang akhirnya keluar kata-kata kufur dan syirik.

Di samping itu, juga sangat mungkin setan membisiki seorang hamba tadi agar mengatasi masalah dengan cara yang melanggar syariat, seperti mengatasi penyakit dengan menggunakan dukun atau mengatasi kemiskinan dengan mencuri atau merampok.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arah yang Dilewati Iblis/Syetan untuk Masuk ke Manusia"

Posting Komentar