Definisi Molimo/Mohlimo Ajaran Sunan Ampel

Definisi Molimo/Mohlimo Ajaran Sunan Ampel, Islam merupakan agama rahmat yang menjaga keselamatan umatnya. termasuk melindungi umatnya dari makanan dan minuman haram. Karena besarnya kemudharatan yang ditimbulkannya, pembahasan tentang minuman haram dalam Islam menjadi satu dari sekian tema penting dalam Al-Quran dan hadits yang banyak dikaji oleh para ulama. Hal ini tentu demi perbaikan moral dan akhlak umat manusia yang semakin rusak.

Molimo atau Mohlimo merupakan adab dalam budaya jawa agar manusia hidup menjauhinya, karena melakukan molimo akan menderita baik lahir maupun batin, dunia akherat, materil dan immateril. Dengan demikian sebagai umat Muslim yang taat pada ajaran agama mulailah mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya dengan berahti-hati dalam mengonsumsi makanan dan minuman.


Definisi Molimo/Mohlimo Ajaran Sunan Ampel



Kaum Muslimin di Jawa tentunya tak asing lagi mendengar kata molimo (lima M) yang merupakan adab yang juga ajaran Islam. Sebaliknya jika menghindari 5 larangan Allah Swt tersebut maka hidup menjadi sehat, keluarga harmonis, fisik akan menjadi sehat jauh dari serangan berbagai jenis penyakit dan insya Allah hidupnya bahagia dan syurga Allah akan bisa diraih.

1. Moh Main
Main disini maksudnya adalah perjudian, sabung ayam, berjudi, bertaruh judi bola juga termasuk jenis perjudian

2. Moh Madon
Madon adalah zina, pelacuran, prostitusi, maksiat dan perselingkuhan

3. Moh Maling
Maling adalah mencuri, suap, korupsi dan mengambil yang bukan haknya

4. Moh Madat
Madat adalah menggunakan candu, zat adiktif atau narkoba seperti ganja, putau, sabu-sabu, extacy dan sejenisnya

5. Moh Mabok
Minum maksudnya minuman keras, minuman yang memabukan, minum alkohol, dll. Minum ini yang paling berbahaya, dan banyak kasus setelah minum mereka lalu berzina dan akhirnya membunuh.

Molimo tanpa dijelaskan dengan panjang lebar kita sudah tau betapa bahayanya, kita banyak melihat di masyarakat melakukan judi, terbiasa dengan maksiat dan selingkuh, hingga mencuri dan minum minuman keras hingga mabuk tidak akan bahagia hidupnya, mereka menjadi musuh masyarakat dan tertipu dengan jerat-jerat syaithon.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Definisi Molimo/Mohlimo Ajaran Sunan Ampel"

Posting Komentar